Punchline (Film 1988)

 

sumber: wikipedia

Punchline adalah sebuah film drama komedi Amerika tahun 1988yang ditulis dan disutradarai oleh David Seltzer dan didistribusikan oleh Columbia Pictures . Kisahnya mengikuti seorang komika muda berbakat yang membantu seorang ibu rumah tangga yang ingin terjun ke dunia komedi stand-up . Dibintangi oleh Sally Field , Tom Hanks , John Goodman , dan Mark Rydell.

Film ini diproduksi oleh Daniel Melnick dan Michael I. Rachmil dan dirilis pada 7 Oktober 1988. Film ini meraup $21,0 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dengan anggaran $15 juta. [1] Film ini umumnya menerima tinjauan beragam dan mendapat peringkat persetujuan 60% berdasarkan 20 suara di Rotten Tomatoes.

Dua bulan sebelum Punchline mulai diproduksi, Tom Hanks menulis stand-up act berdurasi lima menit dan menampilkannya di Comedy Store di Los Angeles . Seperti yang diingat Hanks, “itu adalah waktu yang gagal, memalukan. Materi itu berdurasi 1 menit 40 detik, dan tidak memiliki tema.” [4] Hanks mencoba lagi dan lagi, terkadang memukul tiga klub dalam semalam. Butuh waktu sebulan sebelum aktor tersebut “tidak berkeringat seperti babi” di atas panggung. [4] Pada saat itu dia telah meminta seorang teman lama dan penulis komedi Randy Fechter dan komika stand-up Barry Sobel untuk membantunya menulis rutinitasnya. [7] Hanks akhirnya tampil lebih dari tiga puluh kali di klub-klub di Los Angeles dan New York City.

PLOT

Steven Gold (Tom Hanks) adalah seorang mahasiswa kedokteran yang berjuang sambilan sebagai stand-up comedian . Dengan cepat menjadi jelas bahwa dia buruk dalam hal pertama dan unggul dalam hal kedua. Namun, ketika dia diberi kesempatan di momen penting, dia menyerah di bawah tekanan. Lilah (Sally Field) adalah seorang ibu rumah tangga berdedikasi yang bercita-cita menjadi komika. Dia memiliki bakat mentah tetapi tidak memiliki keahlian seperti yang dimiliki Steven.

Pada awalnya, Steven tidak memberi tahu Lilah jam berapa. Suatu malam dia terkejut dengan kemunculan tak terduga ayah dan saudara laki-lakinya, keduanya profesional medis. Dukungan Lilah yang tiada henti memenangkan hati Steven dan dia mengajarinya dasar-dasar stand-up comedy.

Lilah telah menghabiskan uang toples kuenya untuk membeli lelucon. Steven menasihatinya untuk terhubung dengan penonton untuk mengungkap humor jujur ​​​​dalam hidupnya sebagai seorang istri dan ibu. Lilah menemukan bakat alaminya dalam membuat orang tertawa. Persahabatan yang tidak nyaman berkembang di antara keduanya saat mereka berbagi konflik pribadi yang harus mereka selesaikan: keinginan Steven untuk menjadi terkenal vs. ketidakmampuannya untuk melakukannya dan kecintaan Lilah pada komedi vs. cintanya pada keluarganya.

Steven, yang mulai tampak tidak stabil secara emosional, mengembangkan ketertarikan romantis pada Lilah – yang membuatnya kecewa. Dia berjuang untuk tetap setia kepada keluarga dan temannya, sambil mempertahankan keyakinan dan kecintaannya pada komedi. Suatu malam yang hujan setelah Lilah menolaknya, Steven menirukan penampilan menyakitkan dari tarian rutin Gene Kelly yang terkenal dari Singin’ in the Rain .

Film ini berpuncak pada kompetisi di klub komedi “SPBU” tempat Steven, Lilah, dan calon komedian lainnya tampil. Panel juri yang terdiri dari para eksekutif televisi menjanjikan pemenangnya kesempatan tayang perdana dan kemungkinan menjadi bintang.

Saat para komika berkompetisi di atas panggung, para karakter juga bergulat dengan konflik antara keinginan mereka untuk sukses di atas panggung, kesetiaan mereka satu sama lain, dan harapan dari keluarga mereka. Menunggu penghitungan akhir juri, dengan catatan dukungan dari suaminya di tangannya, dan mendengar Steven hanya memiliki dua dari lima suara juri, Lilah menarik diri “kalau-kalau pemenangnya adalah saya” dan tetap pergi ketika pemilik klub mengungkapkan dia sebenarnya adalah pemenangnya.

Lilah pergi bersama suaminya yang, setelah melihat istrinya melakukan stand-up untuk pertama kalinya, terpesona dan mulai menyarankan ide untuk set berikutnya. Pasangan itu berjalan bergandengan tangan mengenang ucapan lucu dan menawan anak-anak mereka. Di dalam, Steven dinyatakan sebagai pemenang pertunjukan, yang mencerminkan penilaian Lilah dan sesama komikus pesaingnya.

catt: ini bukan film komedi, tetapi cerita tentang apa yang akan dilakukan para pemain untuk menjadi komedian. Seperti film bagus lainnya, tentang orang-orang yang bertumbuh dan berubah, film ini menghadirkan tantangan hidup dan karakter yang berhasil memperbaiki situasi dan pandangan hidup mereka.

 

Leave a comment