Blue Daze si Mata Biru

Sudah lama file bunga biru ini tersimpan di folder netbook, ada keinginan untuk menuliskan tentang bunga ini, tapi tidak tau apa yang harus  kuceritakan tentang bunga ini..? namanya saja tidak tahu.

Dulu sebelum ada fitur google lens,  untuk mengulik satu jenis bunga tidak dikenal, teramat sulit bagiku yang awam ini. Bersyukur sekarang semuanya menjadi lebih mudah, dengan hadirnya berbagai alat bantu.

Scientific name: “Blue Daze

Common name : Blue Daze, Hawaian Blue Eyes

Family: Convovulaceae

Genus : Evolvulus

Spesies : Evolvulus glomeratus

Origin: Brazil

Category: Tropical tender perennial plant

Photo Taken at : my Mom’s garden

Bunga biru nan cantik ini tumbuh di bawah pohon mangga halaman samping rumah aur, rumpunnya seperti rumput dengan bunga mungil berwarna biru teduh. Sengaja foto ini tidak aku edit, baik exposure, brightness dan sebagainya  tidak aku ganggu agar warna birunya bisa tampil sebagaimana aslinya, kecuali resize dan menambahkan watermark tentu saja.

Aku ingat dulu mengambil  rumput berbunga biru ini di halaman Puskesmas XIII. Awalnya karena sobatku Andri, waktu itu baru mulai berkebun di rumah barunya di jakarta sana dan ia menginginkan bunga biru. Maka saat melihat bunga biru ini aku menanamnya, jika sobatku itu pulang ke bukik bisa dia ambil untuk ditanam di Jakarta. Tetapi, entah orangnya malah sibuk sepedaan, jadi lupa dengan bunga-bunga tsb.

Ternyata bunga ini masih dalam jalur Family Convolvulaceae (morning glory family). Memang pangkal mahkota yang berderet itu mirip bintang dengan jumlah 5 sudut yang merupakan ciri khas dari Genus Ipomoea. Ciri khas yang paling umum dari Family Morning Glory adalah mahkota bunganya lima helai – berlaku mayoritas, meski ada beberapa pengecualiannya – dan rajin berbunga, meski mekarnya singkat antara beberapa jam hingga sehari.

Evolvulus glomeratus asalnya dari Amerika Latin, Brazil dan Paraguay. Selain Blue Daze, juga dikenal dengan nama Hawaian Blue Eyes, Brazilian Dwarf Morning Glory.

Blue Daze tahan terhadap hujan, mudah dan rajin berbunga. Mudah dikembangbiakkan, tidak rewel perawatan, tidak butuh pemupukan atau obat-obatan. Hanya perlu rajin disiram saja. Bunganya cantik dengan warna biru yang mempesona serta sedikit hiasan warna putih pada pangkal helai bunga serta kepala putik dan benang sarinya.

 

Leave a comment