School Ties (1992)

.

sumber: wikipedia

School Ties adalah sebuah film drama Amerika tahun 1992yang disutradarai oleh Robert Mandel dan dibintangi oleh Brendan Fraser , Matt Damon , Chris O’Donnell , Randall Batinkoff , Andrew Lowery, Cole Hauser , Ben Affleck , dan Anthony Rapp . Fraser memainkan peran utama sebagai David Greene, seorang siswa sekolah menengah Yahudi yang dianugerahi beasiswa atletik ke sekolah persiapan elit di tahun terakhirnya.

Jalan Cerita

Pada bulan September 1955, David Greene, seorang Yahudi kelas pekerja berusia 17 tahun, dari Scranton, Pennsylvania , menerima beasiswa sepak bola ke Akademi St. Matthew, sebuah sekolah persiapan eksklusif Massachusetts , untuk tahun terakhirnya karena nilai-nilainya yang sangat baik dan kemampuannya yang luar biasa. untuk bermain sepak bola. Namun, sebelum tiba di sekolah, David terlibat perkelahian di gang dengan geng motor di dekatnya, yang menyebabkan dahinya memar. Setibanya di sana, dia bertemu teman sekamarnya Chris Reese, dan rekan satu timnya yang lain Rip Van Kelt, Charlie Dillon, Jack Connors, dan Mack McGivern; siswa paling terkenal dan populer yang berasal dari keluarga berada. Dia juga mempelajari sistem kode kehormatan sekolah yang dijunjung tinggi . Setelah mengetahui bahwa teman-teman barunya, serta mayoritas staf dan siswa di sekolah persiapan ini, memiliki pandangan yang luas, negatif, dan stereotip tentang orang Yahudi , ia memilih untuk tidak mengungkapkan agamanya kepada mereka.

David dengan cepat menjadi pahlawan tim sepak bola dan menarik debutan cantik Sally Wheeler, yang Dillon “klaim” adalah pacarnya. Setelah kemenangan atas saingan utama sekolah St. Luke, seorang guru yang mabuk secara tidak sengaja mengungkapkan Yudaisme David kepada Charlie. Karena cemburu, Dillon memberi tahu seluruh tim sepak bola tentang hal ini di kamar mandi dan David menantangnya berkelahi yang mengakibatkan hidung Dillon berdarah. Tak lama kemudian, Yudaisme David menjadi pusat perhatian, menyebabkan Sally dan sebagian besar siswa lainnya berbalik melawan David. Teman sekelas David, dipimpin oleh Richard “McGoo” Collins dan teman sekamarnya yang seperti pengawal, Chesty Smith, terus-menerus melecehkannya, dengan hanya Reese dan siswa lain yang tidak disebutkan namanya yang tetap setia. Tantangan terakhir terjadi ketika dia menemukan tanda di atas tempat tidurnya yang bertuliskan bendera Nazi dan tulisan “Pulanglah, Yahudi.” Akhirnya merasa muak, dia dengan marah membuat konfrontasi publik terhadap semua orang dan menuntut siapa pun yang membuat tanda itu untuk menemuinya di luar gedung pada malam berikutnya. Namun tidak ada yang muncul, dan David menyebut kepengecutan para siswa ketika dia melihat mereka melihat ke luar jendela asrama mereka.

Karena tertekan oleh tekanan dari keluarga bergengsinya, Dillon menggunakan crib sheet untuk menyontek dalam ujian penting Sejarah Amerika. David dan Rip Van Kelt melihat dia melakukan hal itu, tetapi memilih untuk tidak melaporkannya. Usai ujian, Dillon ditabrak oleh siswa lain saat meninggalkan kelas Sejarah dan secara tidak sengaja menjatuhkan lembar contekan ke lantai. Ketika gurunya, Tuan Geirasch, menemukannya, dia memberi tahu kelas bahwa dia akan gagal dalam semuanya jika penipu tidak melapor. Dia menginstruksikan para siswa, dipimpin oleh Van Kelt, kepala prefek , untuk meyakinkan si penipu agar menyerahkan diri ke kantor Kepala Sekolah.

Ketika David menghadapi Dillon dan mengancam akan menyerahkannya jika dia tidak mengaku menyontek dalam ujian Sejarah, Dillon memberi tahu David tentang tekanan yang dia hadapi dan meminta maaf karena berkonspirasi melawannya dan gagal menyuap David agar diam. Kemudian, ketika David hendak mengungkapkan Dillon sebagai penipu kepada seluruh siswa di meja, Dillon bangkit dan secara terbuka menuduh David sebagai penipu. Mereka mencoba untuk bertarung satu sama lain tetapi Van Kelt menghentikannya dan menyuruh mereka pergi dan membiarkan seluruh kelas memutuskan siapa yang jujur. Keduanya setuju untuk melakukannya, meskipun Reese mencoba meyakinkan David untuk tidak melakukannya karena dia mengatakan seluruh kelas akan berprasangka buruk terhadapnya. Mayoritas kelas menyalahkan David karena prasangka antisemit, sementara Reese, siswa yang tidak disebutkan namanya, dan Connors, menentang antisemitisme yang dia akui sendiri, berpendapat bahwa menipu dan berbohong tidak seperti David. Meskipun demikian, kelas memilih untuk menghukum David, mendorong Van Kelt menyuruhnya melapor ke kepala sekolah, Dr. Bartram, untuk mengakui kecurangan tersebut.

David pergi ke kantor Bartram dan mengatakan bahwa dialah penipu. Tanpa sepengetahuannya, Van Kelt sudah memberitahu Kepala Sekolah bahwa pelaku sebenarnya adalah Dillon. Bartram memberi tahu David dan Van Kelt bahwa mereka seharusnya melaporkan pelanggaran tersebut, tapi dia membebaskan mereka berdua. David kemudian dengan marah menyatakan bahwa dia akan menggunakan sekolah ini sebagai batu loncatan untuk melanjutkan pendidikannya, sama seperti sekolah tersebut menggunakan dia untuk sepak bola. Saat David meninggalkan kantor Kepala Sekolah, dia melihat Dillon yang dikeluarkan meninggalkan sekolah. Dillon mengatakan bahwa dia akan tetap diterima di Harvard dan bertahun-tahun kemudian semua orang akan melupakan kejadiannya, tapi David tetap akan menjadi “Yahudi terkutuk”. David menertawakannya dan berkata kepada Dillon bahwa dia masih akan menjadi “bajingan”, dan berjalan pergi.

Pemeran

  • Brendan Fraser sebagai David Greene, seorang mahasiswa Yahudi kelas pekerja
  • Matt Damon sebagai Charlie Dillon, seorang prefek dan saingan David
  • Chris O’Donnell sebagai Chris Reese, seorang prefek dan teman sekamar David
  • Andrew Lowery sebagai Mack McGivern
  • Randall Batinkoff sebagai Rip Van Kelt, kepala prefek dan kapten tim sepak bola
  • Cole Hauser sebagai Jack Connors
  • Amy Locane sebagai Sally Wheeler yang bersekolah di sekolah asrama khusus perempuan di tetangganya dan merupakan kekasih David dan Dillion
  • Peter Donat sebagai Dr. Bartram, kepala sekolah St
  • Željko Ivanek sebagai Tuan Cleary, tuan rumah dan guru bahasa Prancis
  • Kevin Tighe sebagai Pelatih McDevitt, kepala pelatih sepak bola St. Matthews
  • Ed Lauter sebagai Alan Greene, ayah David
  • Michael Higgins sebagai Tuan Gierasch, guru sejarah
  • Anthony Rapp sebagai Richard “McGoo” Collins
  • Ben Affleck sebagai Chesty Smith, teman sekamar McGoo
  • Peter McRobbie sebagai Pendeta

Leave a comment