Ryan Hidayat

*sumber wikipedia

Ryan Hidayat (11 September 1970 – 8 Februari 1997) adalah pemeran dan model berkebangsaan Indonesia berdarah Cekoslowakia.

Ryan memulai kariernya sejak kecil dalam film Anna Maria. Kesuksesannya dalam berakting sempat diikuti oleh adiknya yang bernama Claudia Hidayat. Namun sang adik lebih fokus pada kegiatan model dan presenter.

Ryan Hidayat lahir di Praha, 11 September 1970. Ryan adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Ir. K.A Hidayat yang merupakan orang Indonesia dan ibunya bernama Eva Jaryjova Hidayat yang berasal dari Republik Ceko. Ryan mempunyai dua orang adik bernama Claudia Hidayat dan Denny Hidayat.

Ketika masih tinggal di Semarang, Ryan bersekolah di SMAN 3 Semarang. Seiring popularitasnya yang semakin meningkat, Ryan lalu pindah ke Jakarta dan melanjutkan sekolahnya di SMAN 3 Jakarta sampai lulus. Ryan pernah kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dia juga pernah belajar soal film di Australia. Saat pulang kembali ke Indonesia, Ryan melanjutkan lagi kariernya menjadi pemain film dan sinetron, selain itu dia juga pernah menjadi seorang asisten sutradara untuk sebuah judul sinetron.

Ryan dekat dengan artis Nunu Datau. Mereka berdua berkenalan saat sama-sama membintangi film berjudul Lupus II Makhluk Manis dalam Bis, di mana dalam film tersebut Ryan berperan sebagai pemeran utama dan Nunu sebagai pemeran pendukung.

Ryan meninggal dunia pada tanggal 8 Februari 1997, karena sakit tipus. Ia kemudian dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Film

Tahun Judul Peran Catatan
1979 Anna Maria Boy Karya debut
1980 Darna Ajaib Doddy kecil  
Nakalnya Anak-Anak Dodo  
Kemilau Kemuning Senja Didit  
Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi Ari  
Gema Hati Bernyanyi Ryan  
Buah Hati Mama Indra Pratama  
1981 Tali Merah Perkawinan Suseno  
Lembah Duka Waluyo  
1982 Sangkuriang Jaka Sona  
1983 Midah Perawan Buronan Pemuda desa  
1987 Lupus: Tangkaplah Daku, Kau Kujitak Lupus  
Lupus II: Makhluk Manis dalam Bis  
1988 Elegi buat Nana Reo Reseh  
1989 Si Roy Roy  
Lebih Asyik sama Kamu Ferdian  
1990 Ricky, Nakalnya Anak Muda Ricky  
Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar Lupus  
1991 Lupus V: Iiih Syereeem!  
Langit Kembali Biru Immanuel  
1994 Suami, Istri dan Kekasih Andrean  
1997 Kuldesak Andre Diluncurkan setelah kematiannya

Leave a comment