The Crown

sumber: wikipedia

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Drama, British, Political TV
  • Produksi: Left Bank Pictures, Sony Pictures Television Production UK
  • Sutradara: Peter Morgan
  • Pemeran: Claire Foy, Matt Smith, John Lithgow, Jared Haris, Victoria Hamilton, Vanesa Kirby.
  • Jumlah episode: 10 Episode

The Crown adalah serial televisi drama sejarah yang menceritakan perjalanan kekuasaan Ratu Elizabeth II. Serial ini ditulis oleh Peter Morgan dan diproduksi oleh Left Bank Pictures dan Sony Pictures Television untuk Netflix. Serial musim pertama membahas mengenai pernikahan Putri Elizabeth dengan Philip, Adipati Edinburgh pada tahun 1947, mangkatnya Raja George VI hingga masalah perselisihan Ratu dengan saudaranya Putri Margaret yang ingin menikah dengan Kapten Peter Townsend pada tahun 1955.

Musim kedua menceritakan periode dari Krisis Suez pada tahun 1956 hingga berhentinya perdana menteri ketiga Ratu Elizabeth, Harold Macmillan, pada tahun 1963 dan kelahiran Pangeran Edward pada tahun 1964. Musim ketiga akan membahas periode dari 1964 hingga 1977, termasuk terpilihnya Harold Wilson menjadi perdana menteri dua kali, sedangkan musim keempat akan membahas masa pemerintahan Margaret Thatcher dan pengenalan Lady Diana Spencer.

Serial ini direncanakan terbagi menjadi 60 episode dalam 6 musim, dengan 10 kali 1 jam per musim, serial ini membahas kehidupan Elizabeth dari masa mudanya hingga saat masa kekuasaannya, dengan pemeran yang berganti setiap dua musim. Claire Foy memerankan Ratu dalam dua musim pertama, bersama dengan Matt Smith sebagai Pangeran Philip, dan Vanessa Kirby sebagai Putri Margaret. Untuk musim ketiga dan keempat, Olivia Colman berperan sebagai ratu, Tobias Menzies sebagai Pangeran Philip, dan Helena Bonham Carter sebagai Putri Margaret. Pada dua musim terakhir, Sang Ratu diperankan oleh Imelda Staunton, Jonathan Pryce sebagai Pangeran Philip, dan Lesley Manville sebagai Putri Margaret. Syuting film ini dilakukan di Elstree Studios di Borehamwood, Hertfordshire, dan tempat-tempat lainnya di seluruh Inggris dan di luar Inggris.

Serial musim pertama dirilis di Netflix pada 4 November 2016, dan musim kedua dirilis pada 8 Desember 2017. Serial ini diperbarui untuk musim ketiga dirilis pada 17 November 2019. Kemudian musim keempat dirilis pada 15 November 2020. Untuk musim kelima yang seharusnya diproduksi pada tahun 2020 terpaksa mundur di tahun 2021 dikarenakan masa pandemi COVID-19.Then for season 5 it was released on November 9, 2022 Actually,season 5 was supposed to be released in November 2021 but due to COVID – 19, the filming had to be postponed.

The Crown mendapat banyak pujian atas akting, skenario, kepenulisan, sinematografi, produksi dan kemiripannya dengan cerita asli yang relatif akurat. Serial ini mendapatkan beberapa penghargaan, seperti Aktris terbaik dan Aktor terbaik di Screen Actors Guild Awards ke-23 untuk Claire Foy and John Lithgow. Selain itu serial ini meraih total 26 nominasi Primetime Emmy Award untuk 2 musim pertamanya, termasuk Penghargaan Serial Drama Terbaik.

PREMIS

The Crown menggambarkan kehidupan Ratu Elizabeth II dari pernikahannya pada tahun 1947 hingga saat ini. Claire Foy memerankan ratu pada musim ke 1 dan ke 2, dan Olivia Colman di musim ke 3 dan 4, dan Imelda Staunton di musim ke 5 dan 6.

Musim pertama menggambarkan peristiwa hingga 1955, saat Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri dan adik Ratu Putri Margaret memutuskan tidak menikahi Peter Townsend. Musim ke dua menceritakan Krisis Suez pada tahun 1956 yang menyebabkan mundurnya Perdana Menteri Anthony Eden, mundurnya Perdana Menteri Harold Macmillan pada 1963 setelah tersandung Skandal Profumo, dan kelahiran Pangeran Edward pada tahun 1964.

Musim ke tiga meliputi peristiwa yang terjadi dari 1964 hingga 1977, dimulai dengan pemilihan Harold Wilson sebagai perdana menteri dan diakhiri dengan Yubileum Perak Elizabeth II, musim ini juga menceritakan masa pemerintahan Edward Heath. Musim ke-3 juga menjadi musim dimana Camilla Shand dikenalkan. Musim ke empat menggambarkan masa pemerintahan Margaret Thatcher dan betapa kondangnya seorang Lady Diana Spencer.

Season 5 menceritakan kisah keluarga kerajaan Inggris pada tahun 1990-an, The Crown Season 5 sendiri berlatar tahun 1991 hingga 1997. Di sini menceritakan tentang kepemimpinan John Major sebagai perdana menteri, dan juga kisah perjuangan Lady Diana Spencer dalam rumah tangganya. seperti kisah cinta antara Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles juga Ratu menghadapi masalah dengan pernikahan keempat anaknya.

Leave a comment