The Truman Show

sumber: wikipedia

The Truman Show adalah sebuahfilm drama komedi psikologis Amerika tahun 1998 yang disutradarai oleh Peter Weir , diproduksi oleh Scott Rudin , Andrew Niccol , Edward S. Feldman , dan Adam Schroeder , dan ditulis oleh Andrew Niccol .

Film tersebut dibintangi oleh Jim Carrey sebagai Truman Burbank, seorang pria yang tumbuh dengan menjalani kehidupan biasa yang—tanpa sepengetahuannya—berlangsung di lokasi syuting besar yang dihuni oleh aktor-aktor untuk acara televisi realitas tentang dirinya. Pemeran pendukungnya termasuk Laura Linney , Ed Harris , Noah Emmerich , Natascha McElhone , Holland Taylor , Paul Giamatti , dan Brian Delate.

Sinopsis

Dipilih sejak lahir dan secara resmi diadopsi oleh studio televisi setelah kehamilan yang tidak diinginkan , Truman Burbank adalah bintang The Truman Show yang tidak curiga , sebuah program televisi realitas yang difilmkan 24/7 melalui sekitar lima ribu kamera tersembunyi dan disiarkan ke seluruh dunia. Christof, pencipta acara dan produser eksekutif , berupaya menangkap emosi asli Truman dan memberikan penonton perasaan yang bisa dirasakan oleh semua orang.

Kampung halaman Truman, Pulau Seahaven, terletak di dalam kubah besar, dihuni oleh anggota kru dan aktor yang mengiklankan produk kepada Truman dan penonton untuk menghasilkan pendapatan bagi pertunjukan tersebut. Rangkaian rumit ini memungkinkan Christof mengendalikan hampir setiap aspek kehidupan Truman, termasuk cuaca. Untuk mencegah Truman menemukan kebenaran, Christof mengatur skenario yang membatasi keinginannya untuk melakukan eksplorasi, seperti “kematian” ayahnya dalam badai laut untuk menanamkan thalassophobia , dan terus-menerus menyiarkan pesan tentang bahaya bepergian dan manfaat tinggal di rumah. .

Selama masa kuliahnya, Truman, meskipun ditulis untuk jatuh cinta dan menikah dengan sesama mahasiswa Meryl, mengembangkan perasaan terhadap Sylvia, sebuah perasaan ekstra . Meskipun Sylvia dipecat dari pertunjukan sebelum dia dapat mengungkapkan kebenaran kepada Truman, dia diam-diam terus memimpikan kehidupan bersamanya di luar pernikahannya dengan Meryl dan berharap untuk melakukan perjalanan ke Fiji , di mana dia percaya bahwa Sylvia pindah. Di dunia nyata, Sylvia bergabung dengan “Free Truman”, sebuah kelompok aktivis yang bertujuan untuk membatalkan pertunjukan dan membebaskan Truman.

Saat acara tersebut mendekati hari jadinya yang ke-30, Truman mulai memperhatikan kejadian-kejadian tidak biasa di sekelilingnya, seperti lampu sorot rusak (berlabel Sirius ) yang jatuh dari langit, kolom hujan yang hanya mengikutinya, saluran radio yang tidak berfungsi dengan tepat menggambarkan gerakannya, dan kemunculan kembali ayahnya (yang dilarikan oleh anggota kru sebelum Truman dapat menghadapinya). Truman mulai mempertanyakan hidupnya dan menyadari bahwa kota itu berputar di sekelilingnya.

Kecurigaan Truman membawanya untuk mencoba pergi dari Pulau Seahaven dengan Meryl di belakangnya. Serangkaian bencana yang tidak mungkin terjadi menyebabkan dia mencoba untuk pergi dengan berjalan kaki, setelah itu dia ditundukkan oleh orang-orang yang memakai peralatan pelindung. Sekembalinya ke rumah, Truman secara terbuka mempertanyakan perasaan Meryl terhadapnya serta upayanya mengubah topik dengan mengiklankan suatu produk. Dalam konfrontasi berikutnya, Meryl merusak karakternya dan segera dikeluarkan dari pertunjukan.

Berharap untuk membawa Truman kembali ke keadaan terkendali, Christof dengan tepat memperkenalkan kembali ayahnya ke pertunjukan dengan menyamar bahwa dia menderita amnesia setelah kecelakaan perahu. Acara tersebut mendapatkan kembali ratingnya, dan Truman tampaknya kembali ke rutinitasnya. Suatu malam, Christof menemukan bahwa Truman mulai tidur di ruang bawah tanahnya. Terganggu dengan perubahan perilaku ini, Christof mengirim sahabat Truman, Marlon, untuk berkunjung dan menemukan bahwa Truman diam-diam menghilang melalui terowongan darurat di ruang bawah tanah. Christof untuk sementara menghentikan siarannya untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, sehingga menghasilkan rekor jumlah penayangan.

Christof memerintahkan pencarian Truman di seluruh kota dan segera terpaksa memutus siklus produksi siang-malam untuk mengoptimalkan pencarian. Truman ditemukan berlayar menjauh dari Seahaven, setelah menaklukkan rasa takutnya terhadap air. Christof melanjutkan transmisi dan menciptakan badai dahsyat dalam upaya membalikkan perahu Truman. Truman hampir tenggelam, namun semangatnya tetap tak terpatahkan, dan ia terus berlayar hingga perahunya menabrak dinding kubah.

Awalnya ngeri, Truman melihat sekeliling dan menemukan tangga menuju pintu keluar. Saat dia mempertimbangkan untuk pergi, Christof berbicara kepadanya secara langsung melalui sistem pengeras suara, mendorongnya untuk tetap tinggal dengan mengklaim bahwa tidak ada lebih banyak kebenaran di dunia nyata selain dunia buatannya. Setelah merenung sejenak, Truman mengucapkan slogannya: “Seandainya saya tidak melihat Anda… selamat siang, selamat malam, dan selamat malam”, membungkuk kepada penonton, dan keluar. Pemirsa di seluruh dunia merayakan pelarian Truman, dan Sylvia berlomba menyambutnya. Pengawas Christof mengakhiri program dengan tembakan ke pintu keluar yang terbuka. Setelah siaran berakhir, pemirsa Truman mencari tontonan lain.

Leave a comment