Finding Neverland (2004)

 

Finding Neverland adalah film fantasi biografi tahun 2004 yang disutradarai oleh Marc Forster dan ditulis oleh David Magee , berdasarkan drama tahun 1998 The Man Who Was Peter Pan karya Allan Knee . Film ini berkisah tentang penulis naskah JM Barrie dan hubungannya dengan keluarga yang menginspirasinya untuk menciptakan Peter Pan . Film ini memperoleh tujuh nominasi di Academy Awards ke-77 , termasuk Film Terbaik , Skenario Adaptasi Terbaik , dan Aktor Terbaik untuk Johnny Depp , dan memenangkan Skor Asli Terbaik . Film tersebut menjadi inspirasi panggung musikal berjudul sama pada tahun 2012.

Jalan Cerita

Pada tahun 1903, setelah sambutan buruk atas drama terbarunya, Little Mary , Sir James Matthew Barrie bertemu dengan Sylvia yang menjanda dan keempat putranya yang masih kecil (George, Jack, Peter dan Michael) di Kensington Gardens, dan persahabatan yang kuat dan erat berkembang di antara mereka. . Dia terbukti menjadi teman bermain yang hebat dan sosok ayah pengganti bagi anak laki-laki, dan kejenakaan imajinatif mereka memberinya ide yang dia masukkan ke dalam drama tentang anak laki-laki yang tidak ingin tumbuh dewasa, terutama yang dinamai menurut nama Peter Llewelyn Davies muda yang bermasalah .

Meskipun Barrie menganggap keluarga ini luar biasa dan inspiratif, orang-orang mempertanyakan hubungannya dengan keluarga Llewelyn Davies. Sylvia adalah seorang janda: suaminya meninggal karena kanker dan meninggalkan dia dengan empat anak laki-laki untuk dibesarkan sendiri. Istri Barrie, Mary, yang akhirnya menceraikannya, dan ibu Sylvia, Emma du Maurier, keberatan dengan jumlah waktu yang dihabiskan Barrie bersama keluarga Llewelyn Davies. Emma juga berusaha mengendalikan putri dan cucunya, terutama saat Sylvia semakin lemah karena penyakit yang tidak diketahui identitasnya.

Sepanjang perjalanan, Barrie melanjutkan petualangan bersama Sylvia dan anak-anaknya. Dia juga berjiwa laki-laki dan menghabiskan waktu bersama keluarga adalah hal yang istimewa. Barrie mengambil petualangan yang dia alami bersama anak-anak lelaki itu dan menjadikannya sebuah drama berjudul Peter Pan .

Produser Charles Frohman dengan ragu menyetujui untuk memasang Peter Pan , meskipun dia yakin bahwa hal itu tidak menarik bagi penonton teater kelas atas. Barrie memeriahkan audiensi malam pembukaan dengan anak-anak dari panti asuhan terdekat dan orang dewasa bereaksi terhadap kegembiraan mereka yang menular dengan apresiasi mereka sendiri.

Drama ini terbukti sukses besar. Barrie siap untuk dramanya, tetapi ketika Peter datang sendirian ke pertunjukan itu, dia pergi ke rumah Sylvia untuk memeriksanya, dan melewatkan pertunjukannya. Peter menghadiri drama tersebut dan menyadari bahwa drama tersebut tentang saudara laki-lakinya dan Barrie.

Sylvia terlalu sakit untuk menghadiri pemutaran perdana, jadi Barrie mengatur agar produksi ringkasannya dilakukan di rumahnya. Dia mengumpulkan para aktor, alat peraga, dan musisi di rumah Llewelyn Davies. Di akhir permainan, Peter Pan menunjuk ke pintu belakang dan menyiratkan bahwa Sylvia harus pergi ke Neverland. Dia menggandeng tangan anak laki-lakinya dan perlahan berjalan keluar ke Neverland. Ruang tamu dan taman belakang berubah menjadi Neverland dan Sylvia terus berjalan sendiri.

Di adegan selanjutnya, semua orang berada di pemakaman Sylvia. Barrie mengetahui bahwa surat wasiatnya menyatakan bahwa dia dan ibunya harus menjaga anak laki-laki, sebuah perjanjian yang disetujui oleh keduanya. Film diakhiri dengan JM Barrie menghibur Peter di bangku taman tempat mereka pertama kali bertemu.

Pemeran

  • Johnny Depp sebagai Sir James Matthew Barrie , teman baik Sylvia dan pencipta Peter Pan.
  • Kate Winslet sebagai Sylvia Llewelyn Davies , teman baik James dan ibu dari George, Jack, Michael dan Peter.
  • Julie Christie sebagai Ny. Emma du Maurier, ibu Sylvia.
  • Radha Mitchell sebagai Mary Ansell Barrie, istri James Barrie. Mitchell membintangi Everything Put Together karya Forster .
  • Dustin Hoffman sebagai Charles Frohman, produser Peter Pan . Hoffman sebelumnya muncul dalam peran utama Hook (1991), film sekuel Peter Pan karya Steven Spielberg . Skenario asli untuk Finding Neverland menyertakan adegan di mana karakternya – produser drama tersebut yang skeptis – mengenakan kostum Kapten Hook dan membaca beberapa dialognya untuk menunjukkan betapa konyolnya dia menganggapnya. Hoffman keberatan dengan hal ini, jadi adegan itu ditulis ulang agar dia sekadar membacakan dan mengejek nama karakter dari drama tersebut.
  • Kelly Macdonald sebagai ” Peter Pan “
  • Ian Hart sebagai Sir Arthur Conan Doyle , teman James Barrie.
  • Eileen Essell sebagai Ny. Snow, teman lanjut usia dan penggemar Barrie. Essell, yang saat itu berusia 82 tahun, membuat salah satu penampilan film layar lebar pertamanya. Dia juga mengikuti Depp untuk berperan dalam Charlie and the Chocolate Factory.

Leave a comment