Sate Kere

sumber: wikipedia dan kompas

Sate kere (Jawa: ꦱꦠꦺ​ꦏꦺꦫꦺ, translit. Saté kéré) adalah salah satu kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gambus, yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang atau sambal kecap yang sama seperti sate pada umumnya.

Sejarah

Di zaman dahulu, sate menjadi salah satu makanan termewah yang hanya bisa disantap oleh kalangan menengah ke atas. Istilah “kere” yang berarti gelandangan merupakan salah satu pencitraan terhadap kalangan bawah yang terlalu sayang untuk membeli setusuk sate. Atas alasan inilah para kalangan bawah melakukan intervensi.

Mereka membuat bentuk lain sate dengan bahan dasar jeroan dan lemak sapi, jika dilihat, sate ini menyerupai sate pada umumnya. Cara inilah yang menjadi daya tarik bagi kalangan bawah untuk menikmati sate yang kemudian melahirkan sate kere (satenya orang miskin). Selain itu, sate ini merupakan perwujudan perlawanan dari kalangan bawah kepada kalangan bangsawan dalam budaya feodal yang zaman dahulu masih sangat kental dirasakan oleh masyarakat Jawa.

Sate yang berbahan dasar jeroan dan tempe gabus ini salah satu makanan yang paling diincar saat sedang berpergian ke Solo. Saat kemunculannya sejak zaman kolonial, sate kere jadi pilihan sate untuk masyarakat Indonesia, khususnya warga Surakarta. Saat bangsa kolonial memakan sate dengan bahan dasar daging, masyarakat Indonesia makan sate kere yang terbuat dari tempe gembus.

Sajian ini merupakan hasil kreativitas rakyat jelata yang ingin menyantap sate daging tapi tak kesampaian. Alhasil limbah pangan berupa jeroan sapi dari para bangsawan kolonial dan priyayi diolah menjadi sate kere. Dalam buku “Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Solo” (2013) oleh Miftah Sanaji yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, menjabarkan resep membuat makanan khas Solo yang berbahan dasar jeroan sapi itu.

Resep sate kere

📝Bahan sate kere :

🍄 50 gram kikil
🍄 50 gram daging sapi
🍄 50 gram jeroan sapi
🍄 3 papan tempe gembus, potong 2
🍄 1 sdt garam
🍄 300 ml air
🍄 3/4 sdt garam
🍄 1/2 gula pasir
🍄 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :

🌻 150 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
🌻 2 siung bawang putih
🌻 2 lembar daun jeruk
🌻 Gula jawa secukupnya
🌻 1 cm kencur
🌻 5 buah cabai merah

Cara membuat sate kere

  1. Pertama rebus kikil, daging dan jeroan sapi dalam 300 ml air yang sudah dibumbui dengan garam sampai empuk.
  2. Kemudian jika sudah empuk angat dan tiriskan lalu potong-potong daging, kikil dan jeroannya.
  3. Tusuk kikil, jantung, hati dan tempe gembus di tusuk sate.
  4. Bakar sate di atas bara api.
  5. Sajikan sate bersama bumbu halus

Leave a comment